"Pak, ini koq jadi bahasa Arab jawabannya," kata seorang siswa dan beberapa saat kemudian disusul "Pak tokennya tidak bisa masuk," kata siswa lainnya. Demikian, secuplik suasana Gladi Bersih Asesmen Nasional Tahun 2025 di MA Shiddiqah Zahra yang melibatkan 18 (delapan belas) siswa kelas 11 sebagai sampel. Kegiatan berlangsung pada hari Senin dan Selasa tanggal 28-29 Juli 2025 yang dibagi dalam 2 (dua) sesi di setiap harinya. Sesi ke-1 berlangsung pukul 07.30-09.40 WIB, dan sesi ke-2 berlangsung pukul 10.40-12.50 WIB.
Hari ke-1 Gladi Bersih Asesmen Nasional Tahun 2025 pada hari Senin, 28 Juli 2025 untuk mengerjakan dua mata pelajaran yaitu (1) Literasi dan (2) Survei Karakter. Suasana hening meski ada dua laptop yang mengalami "tidak bisa mengetik" di tengah-tengah pengerjaan soal untuk menjawab deskripsi, sehingga harus dilakukan restart laptop.
Kondisi yang lain ialah keyboard berubah menjadi huruf arab dalam mengetik dan sempat membuat riuh yang semula hening. Alhamdulillah, seluruh siswa dapat menyelesaikan Gladi Bersih pada kedua sesi. Walau pada sesi ke-2 ada satu siswa yang tak kunjung dapat mengeklik "Selesai" padahal seluruh bagian telah diselesaikan. Tampilan loading kursor tanpa ada habisnya, lalu baru dapat teratasi setelah login pada laptop yang berbeda.
Lalu hari berikutnya Selasa, 29 Juli 2025 untuk mengerjakan mata pelajaran (1) Numerasi dan (2) Survei Lingkungan Belajar. Suasana lebih pening menurut komentar salah satu siswa. Lantaran siswa menghadapi soal perhitungan matematika dalam bentuk cerita. Satu momen pada sesi ke-1 yang membekas ialah salah satu siswa sampai pada tahap meletakkan tetikus (mouse) pada pipi kanannya. Menurutnya untuk membantu berhitung dan menenangkan pikiran. Alhamdulillah Hari ke-2 dilalui dengan lancar.
Pada hari ke-2 Gladi Bersih Asesmen Nasional 2025 ditemukan soal yang menunjukkan penamaan judul kolom yang kembar "Benar" dan "Benar" padahal pada jawaban soal dengan pilihan kiri kanan. Apakah maksudnya seluruh pilihan jawaban adalah jawaban "Benar" ataukah seluruh jawaban boleh dipilih dengan menandai benar di kolom manapun.
Asesmen ini menyasar siswa yang baru memasuki fase F dalam Kurikulum Merdeka yakni kelas 11. Nantinya akan disusul dengan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi guru dan kepala satuan pendidikan. Hingga pada akhirnya, berbagai data-data pendidikan diolah dan ditampilkan dalam platform Rapor Pendidikan sebagai alat evaluasi sistem pendidikan. Selain itu sebagai petunjuk pencapaian belajar lembaga pendidikan dibanding tingkat Nasional dan Provinsi.
-[]-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar